Tips Mencegah Sakit Pinggang

Sumber: alodokter.com

Menurut doktersehat.com sakit pinggang atau low back pain atau lumbago adalah penyakit neurologis kedua paling umum setelah sakit kepala. Penyakit ini terdiri dari dua jenis yaitu sakit akut atau jangka pendek yang biasanya berlangsung beberapa hari sampai minggu dan sakit pinggang kronis yang berlangsung lebih dari tiga bulan. Tahukah kamu bagaimana cara mengobati sakit pinggang? Kemudian bagaimana dengan cara mencegah sakit pinggang? Gejala sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk atau rasa nyeri. Penyebabnya adalah karena cedera otot atau sendi di area pinggang. Cedera ini akibat posisi tubuh yang salah, akibat duduk terlalu lama, terutama bila salah posisi duduk dan kursi yang diduduki tidak nyaman. Sakit pinggang pada anak-anak dapat terjadi akibat sering membawa tas yang terlalu berat dan dalam waktu yang lama. Faktor yang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang terutama pada orang dewasa adalah memiliki berat badan lebih, kurang berolahraga dan berusia tiga puluh tahun ke atas. 

Penyebab sakit pinggang lainnya adalah gangguan pada organ di tulang belakang atau gangguan pada organ bagian tubuh lainnya. Untuk pengobatannya, kamu dapat membeli obat bebas resep di apotek untuk pereda nyeri seperti beberapa kelompok obat OAINS. Selain itu, kamu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang lebih kuat seperti meloxicam atau diclofenac. Menurut alodokter.com meloxicam adalah obat yang digunakan untuk meredakan gejala penyakit radang sendi atau arthritis seperti pembengkakan dan nyeri sendi. Sedangkan diclofenac adalah obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan seperti radang sendi dan nyeri setelah operasi.

Lalu bagaimana cara mencegah sakit pinggang? Dilansir dari doktersehat.com terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah sakit pinggang seperti:

  1. Jangan membungkuk ketika berdiri atau duduk.

Jaga titik berat badan agar seimbang pada kaki, pastikan permukaan pekerjaan kamu berada pada ketinggian yang nyaman dan pastikan kamu duduk di kursi dengan sandaran yang baik.

  1. Selingi duduk 

Kamu dapat menyelingi duduk secara berkala dengan berjalan-jalan atau melakukan peregangan otot ringan untuk mengurangi ketegangan. Jika harus duduk dalam waktu yang lama, kamu dapat mengistirahatkan kaki di bangku rendah atau tumpukan buku.

  1. Posisi tidur

Tidurlah dengan posisi miring untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang. Tidurlah di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.

  1. Jangan mengangkat dengan membungkuk

Jika kamu ingin mengangkat sesuatu, kamu dapat menekuk lutut dan berjongkok untuk mengambil objek. Jaga punggung lurus dan terus dekatkan objek ke tubuh kamu. 

  1. Jaga nutrisi dan diet

Kamu dapat menjaga nutrisi dan melakukan diet yang tepat untuk mengurangi dan mencegah berat badan berlebih, terlebih lemak di sekitar pinggang. Kamu dapat melakukan diet harian dengan kalsium, vitamin D dan fosfor yang cukup untuk membantu menjaga pertumbuhan tulang baru. 

  1. Gaya hidup sehat

Kamu dapat berolahraga secara rutin. Dengan gaya hidup aktif kamu dapat terhindari dari sakit pinggang. Kamu juga sebaiknya berhenti merokok, jika kamu seorang perokok aktif. Merokok dapat mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi. 

Itulah beberapa tips cara mencegah sakit pinggang. Kamu dapat menghindari sakit pinggang dengan melakukan beberapa cara di atas atau cara lainnya yang memungkinkan untuk melindungi pinggangmu dari beban yang terlalu berat atau pekerjaan yang terlalu beresiko. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>